adalah sebuah Lembaga Swadaya Masyarakat yang bertujuan untuk memajukan anak bangsa melalui pemanfaatan Teknologi Informasi sebagai media aktualisasinya

s

Halaman

Quote

Quote

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Labels List

Search

Hebatnya Academy Khan


Mungkin kita tahunya telat...tapi insya Allah tetap bermanfaat.
 
JAKARTA masih bersuasana lebaran. Rabu pagi , 15 September 2010, saya hendak menyalakan komputer desktop tua. Seorang kenalan bergerak di dunia programing menyapa.
“Apakah Anda sudah pernah membuka Khan Academy?”
Saya jawab belum.
Melalui komputer i-pad-nya, saya diperlihatkan khanacademy.org
Amboiii! Betapa telatnya saya baru tahu hal luar biasa telah dilakukan sosok Salman Kahn.
Ya, namanya Salman Khan!
Ia mendirikan Akademi Khan bertujuan menggunakan teknologi informasi bagi mendidik dunia.
Peraih gelar MBA dari Harvard Business School, meraih Master di bidang teknik listrik dan ilmu komputer, gelar BS (Bachelor of Science) di bidang teknik listrik dan ilmu komputer, dan gelar BS dalam matematika dari Institut Teknologi Massachusetts Intitute of Technology (MIT), Amerika Serikat (AS), itu seharusnya gamblang saja mendapatkan kerja di perusahaan papan atas AS.
Tetapi ia lebih memilih memanfaatkan www.youtube.com untuk menayangkan materi pelajaran. Kini jumlah video pelajaran telah digarapnya tak kepalang tanggung. Sudah lebih 18 ribu video. Hebatnya, semua dikerjakannya sendiri, mulai dari menyusun materi, memvideokan, menjadi guru sekaligus. .
Kini dalam sehari tak kurang dari 50 ribu muridnya mengakses khanacademy.org, termasuk anak-anak SD dari negeri tirai bambu, Cina,mengikuti pelajarannya secara online.
Sosok bocah dari Korea menuliskan komentarnya:
“I’m from Korea, a small country and I’m eleven. Your lecture is so famous so we could know your skill! I’m loving this alot~ :) , “ him204@naver.com, yang diposting lima hari lalu, di mata pelajaran video aljabar.
Dalam tutorial online-nya, Khan menyajikan berbagai materi pelajaran memudahkan pelajar memahami. Di antara pelajaran itu; matematika, kimia, biologi, sejarah, probabilitas, trigonometri, permainan asah otak, aljabar, ekonomi, perbankan dan uang, keuangan, geometri, statistik, kalkulus, fisika, persamaan diferensial. Tentu masih banyak lainnya.
Ada pula komentar orang tua murid, ”Saya tidak tahu siapa Anda. Tapi dalam pikiran saya, Anda adalah penyelamat. Anak-anak saya benar-benar bersemangat dengan matematikanya. Terima kasih.”
Pria kelahiran New Orleans, Louisiana, AS, dengan orang tua imigran India dan Bangladesh, ini hanyalah mengawali Khan Academy untuk membantu keponakannya belajar matematika dengan menggunakan Yahoo! notepad pada tahun 2004. Lalu berkembang hingga seperti hari ini. Kini di bagian kanan situs internetnya, Salman Khan sudah berani menarok ikon donasi, dapat diklik bagi pengunjung yang mau menyumbang bagi upaya mulia itu.
Ketika orang lain melamar pekerjaan menjadi guru, Khan memilih menjadi guru praktis mendistribusikan tutorial di YouTube.
Hingga kini Salman Khan telah menerima 2009 Tech Award untuk Pendidikan. Tech Award merupakan program penghargaan internasional menghormati inovator dari seluruh dunia menerapkan teknologi bagi manfaat kemanusiaan.
Pada Desember 2009, Khan YouTube-host tutorial dilihat oleh 35.000 orang per hari. Setiap video Khan rata-rata berdurasi sepuluh menit. Hingga kini, versi offline video-video Khan telah didistribusikan secara gratis ke daerah-daerah pedesaan Asia, Amerika Latin, dan Afrika
SosokKhan, pernah tampil di jaringan teve CNN. Pada event Aspen Ideas 2010, sosok Bill Gates pendiri Microsoft, sengaja memaparkan keberhasilan prestasi Akademi Khan  pada forum bergengi ajang bergengsi yang berlangsung pada Juli 2010 lalu di Kolorado, AS. Upaya Salman Khan menjadi perbincangan hangat di forum itu.
Untuk skala nasional, khususnya lingkup komunitas open source di Bandung, pembuatan materi ajar baik sekadar dibaca, lengkap dengan audio visual itu sudah dimulai oleh www.crayonpedia.org. Melalui basis mesin wikipedia, para guru di seluruh tanah air dapat mengisi berkolaborasi materi ajar terbaik. Para murid di seluruh Indonesia dapat mengakses gratis.
Anda tertarik silahkan kunjungi website:
http://www.pijar-sulsel-belajar-online.co.cc/
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori dengan judul Hebatnya Academy Khan. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://pijar-sulsel.blogspot.com/2011/10/belajar-dari-wwwkhanacademyorg.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: LSM PIJAR - Sabtu, 29 Oktober 2011

Belum ada komentar untuk "Hebatnya Academy Khan"

Posting Komentar